RASA DAN RESAM PENDIDIKAN KITA (Kumpulan Tulisan Pelaku Pendidikan)

Shazrima
0


RASA DAN RESAM PENDIDIKAN KITA

(Kumpulan Tulisan Pelaku Pendidikan)

PenulisDawamiS.SosM.I.Komdkk

Editor: Dawami, S.Sos, M.I.Kom

Perancang Sampul: Nur Hafizah

Penata Letak: Nini Nursima dan Shazrima

Pracetak dan ProduksiTafiDu Pers

ISBN : 978-602-60390-5-7

Harga: Rp53.000,00

DIAWAL Kata Pengantar ini, menarik untuk dikutip apa yang disampaikan oleh William Arthur Ward, penulis hebat dari negeri Paman Sam (Amerika Sarikat ‘Red). Dia memberikan ukuran bagaimana seorang guru yang hebat. Baginya, guru tingkat menengah hanya bercerita, guru yang baik menjelaskan, guru yang hebat mendemonstrasikan sementara guru yang luar biasa memberikan inspirasi.

Pelajaran lain juga disampaikan bapak pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara dalam kutipannya selalu menekankan moral yaitu adab sopan santun dalam memberikan ilmu kepada anak. Artinya, yang terpenting bukanlah bagaimana anak mendapatkan nilai dari ilmu yang diberikan, tetapi bagaimana karakter anak juga terbangun dengan baik nilai ilmu yang didapatkannya.

Maka filosofi kertas dan pena dalam dunia pendidikan adalah dua kata saling membutuhkan sehingga kertas dan pena memiliki daya tarik yang kuat bagi peran guru karena keduanya memberikan kenyamanan dan kemudahan. Sangat mulia jasa guru sebab dengan mereka kita semua bisa mencurahkan konsep yang terekam serta tersimpan dalam nalar. Dengan kertas dan pena, nama kita bisa abadi. Di sisi lain, kehadiran kertas dan pena menciptakan budaya literasi yang kuat pada peserta didik.

Buku Rasa dan Resam Pendidikan Kita merupakan sebuah bukti dari karya inovasi dan kreativitas dari guru dan dosen. Dimana menjadi satu bagian tidak terpisahkan dalam rangkaian berbagi pemikiran dari aksi nyata menjadi sang pendidik. Pada akhirnya, melahirkan pemikiran-pemikiran yang kiranya bernilai manfaat bagi masyarakat umum dan pendidik khususnya serta pemerhati pendidikan untuk secara bersama mendiskursuskan menjadi nilai manfaat untuk kemajuan pendidikan nasional.

Untuk itu, diharapkan buku sederhana ini menjadi rintisan dari sebutir ilmu yang luas untuk saling meluaskan wawasan pengetahuan kita dan mengenal lebih jauh pemikiran pendidikan dari sang pendidik. Apalagi ini menjadi bukti, makin baiknya budaya literasi sehingga makin memberikan gambaran bahwa kreativitas dan inovasi guru untuk berkarya terus tumbuh sehingga menjadi budaya positif.

Yang jelas guru adalah pemberi inspirasi bagi anak didik, secara tidak langsung kita memberikan sayap kepada mereka untuk bisa terbang menggapai impiannya menjadi siswa-siswi yang hebat dan luar biasa dan yakinlah bahwa Anda akan mendapatkan tempat yang paling spesial dihatinya. Sedangkan pendidikan 4.0 merupakan pendidikan yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran atau dikenal dengan sistem siber (cyber system). Oleh sebab itu, menyiapkan sayap-sayap generasi emas bangsa yang tangguh, berkarakter, berbudi pekerti, sopan santun adalah menjadi yang utama sebagai bagian dari pengabdian dirinya kepada Ibu Pertiwi, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kehadiran buku ini di tangan pembaca merupakan upaya penerbit untuk secara bersama-sama menghargai dan menempatkan buah pikir dari kreativitas para pendidik ini melalui budaya literasi menulis setinggi-tingginya. Harapan lainnya adalah semoga dengan diterbitkannya karya ini dalam bentuk buku sehingga terus memberi motivasi bagi pendidik untuk terus menulis dan menulis.  Dengan segala kekurangan dari kehadiran buku ini,  kami juga berharap ada nilai manfaat juga bagi para pembaca dan semoga Allah SWT memberikan imbalan pahala kepada kita semua.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)