EKONOMI PEMBANGUNAN ISLAM

Shazrima
0
Ekonomi Pembangunan Islam

Penulis: H. M. Rizal Akbar

Editor: WindayaniM.Pd

Perancang Sampul dan

Penata LetakNurul

Pracetak dan ProduksiTafiDu Pers

ISBN : 978-602-60390-1-9 

Alhamdulillahirobbil alamin, seraya berserah diri kepada Allah SWT dengan mengharap taufik dan ridhonya. Semoga, kehadiran buku ini dapat memberikan setetes konstribusi dalam perkembangan pemikiran pada rumpun ekonomi Islam. Shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada baginada Rasul Muhammad Saw, sebagai suri teladan, contoh terbaik yang mengilhami disegala ruang dan waktu. Kiranya buku ini mampu membawa secercah sinar keagungan itu sebagai penerus dawah dalam menuju kesempurnaan peradaban umat manusia.

Buku Ekonomi Pembangunan Islam ini merupakan penyempurnaan dari konsep ekonomi pembangunan. Dimana ekonomi pembangunan merupakan satu bagian dari rumpun ilmu ekonomi, dengan objek kajian pertumbuhan, distribusi sumberdaya ekonomi dan kesejahteraan. Sedikit berbeda dari itu, ekonomi pembangunan Islam memberikan tekanan baru dengan menghadirkan konsep kemaslahatan.

            Untuk itu, buku ini diharapkan menjadi rintisan serta rujukan bagi para mahasiswa, praktisi dan pihak-pihak yang menekuni bidang ekonomi Islam, baik dalam pengembangan teori maupun kebijakan. Pemaparan yang bersifat filosofis dengan konsep yang berdimensi luas, diaharapkan memperkaya khazanah keilmuan ekonomi Islam.

            Kehadiran buku ekonomi pembangunan Islam ini diharapkan menjadi wacana baru dalam menjawab kegagalan pendekatan pembangunan ekonomi konvensional selama ini. Kegagalan pembangunan dunia yang ditandai dengan kemiskinan, kemelaratan, kerusakan lingkungan, konflik sosial, perang dan sebagainya merupakan fakta yang tak terbantahkan. Untuk itu, teori pembangunan konvensional yang diukir diatas fondasi kapitalisme, matrialisme dan positifis harus dapat diperbaiki melalui pendekatan yang terintegrasi dengan tawhid yang bertujuan meraih kemaslahatan.

            Untuk itu, buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan sebuah upaya penulis untuk mencoba mengkonstruksikan ekonomi pembangunan Islam yang mampu menjawab kegagalan pembangunan tersebut. Namun bagaimanapun penulis sangat menyadari bahwa cita-cita besar ini tidak mungkin terakulmulasi secara sempurna dalam buku ini, mengingat berbagai keterbatasan pengetahuan penulisi. Namun penulis yakin, akan selalu ada penyempurnaan-penyempurnaan yang dilakukan dimasa mendatang. Untuk itu kritik serta saran dari para pembaca budiman atas kehadiran buku ini amat sangat diperlukan.

            Dengan segala kekurangan atas kehairan buku ini, penulis selalu berharap kiranya bermanfaat bagi para pembaca dan mendoakan semoga Allah SWT memberikan imbalan pahala kepada para pembaca sekalian yang telah bersusah payah meluangkan waktu, dan tenaga untuk membaca buku ini.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)