Islam & Tamaddun Melayu (Satu Tinjauan Kawasan Pantai Timur Sumatera)

Shazrima
0

ISLAM & TAMADDUN MELAYU

Satu Tinjauan Pantai Timur Sumatera

Penulis : H. M. Rizal Akbar

Editor: Dawami S.SosM.I.Kom

Perancang SampulNur Hafizah

Penata LetakNini Nursima dan Shazrima

Pracetak dan ProduksiTafiDu Pers

ISBN : 928-602-60390-0-2 

Puji syukur kehadirat Allah SWT dengan segala nikmat yang telah dilimpahkan. Shalawat serta salam senantiasa dihadiahkan kepada junjungan alam Rasul tercinta yang tiada tara Muhammad SAW. Dengan  semangat kesyukuran dan kecintaan itulah buku ini dihidangkan kehadapan pembaca, dengan harapan bermanfaat dan semakin menambah keberkahan dari Allah SWT.

Buku Islam dan Tamadun Melayu ini  merupakan sebuah literature  yang melengkapi  pengetahuan Islam dan Melayu. Kebutuhan mendasar dalam penerbitan buku ini adalah upaya penyediaan bahan referensi dalam perkuliahan  “Islam dan Tamaddun Melayu” di Institut Agama Islam Taffaqquh Fiddin Dumai. Ketersediaan bahan bacaan dalam mendukung perkuliahan tersebut terasa mendesak sejalan dengan perubahan status perguruan tinggi ini menjadi Institut Agama Islam (IAI) Tafaqquh Fiddin Dumai sejak tahun 2014 yang lalu. Dimana, perubahan status itu membawa visi baru yakni menjadi yang terdepan di kawasan pesisir pantai timur Sumatera. Sehingga kajian Islam dan Melayu menjadi salah satu distingsi dan tema akademik utama pada perubahan tersebut.

Buku ini tentu menjadi pondasi literasi dalam kajian Islam dan Melayu di IAI Tafaqquh Fiddin Dumai yang merupakan implementasi dari peningkatan status tersebut, karena kehadiran Institut Agama Islam diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat dalam membangun peradaban dan pengetahuan yang selaras dengan geliat kawasan pantai timur sumatera  diera globalisasi terutama menyambut masyarakat ekonomi ASEAN pada 2016 ini.

Dimana peradaban sains dan teknologi modern sebagai instrumen globalisasi dan liberalisasi, menghendaki masyarakat larut didalamnya serta berevolusi menjadi masyarakat baru yang homogen. Akibatnya, dikhawatirkan masyarakat hanya akan mengenal ekonomi praktis yang menyimpan semangat materialisme dan kapitalisme.

Sebagai kawasan awal yang membekalkan ketamadunan nusantara. Pesisir pantai timur Sumatera memiliki segudang informasi dan pengetahuan peradaban yang humanis dan religius yang belum banyak tergali. Sehingga kajian peradaban Islam dan Melayu memiliki perananan besar dalam menangkal derasnya arus perubahan global tersebut. Sehingga diharapkan kajian ini akan sangat berkembang di kawasan pesisir pantai timur Sumatera, selaras dengan pengembangan ekonomi yang berbasis pada struktur perdagangan, keuangan, industry, jasa dan kelautan.

        Sesungguhnya buku ini ingin menyentuh semua factor yang memberikan sokongan dalam peradaban Islam dan Melayu pesisir pantai Timur Sumatera ini dalam satu kesatuan yang padu. Namun segala keterbatasan tidak dapat dielakan yang mengakibatkan buku ini memiliki banyak kelemahan disana-sini, baik dalam penuturan, fakta dan analisisnya. Untuk itu segala masukan dan saran dalam penyempurnaan buku ini sangat diharapkan. Dan kepada Allah SWT segalanya diserahkan semoga segala usaha baik dalam penyusunan, penyempurnaan dan bagi yang membacanya mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Aamiin

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)