Jejak Tradisi Leak dan Kuda Lumping (Sebuah Tinjauan Eksplorasi Budaya di Riau)

Nur Hafizah
0

Judul : Jejak Tradisi Leak dan Kuda Lumping (Sebuah Tinjauan Eksplorasi Budaya di Riau)

Penulis : Meifitriadi, S.Sn, M.Pd

ISBN : 978-623-88605-1-7

Ukuran : 17,6 x 25 cm

Jumlah Halaman : xiv. 106 hlm

Editor : Dawami, S.Sos, M.I.Kom

Penerbit : TafiDu Pers

Harga : Rp. 99.900

Link Shopee : https://shopee.co.id/tafidupers01?smtt=0.553913876-1666345935.9 

 

Deskripsi:

"Leak" dan "Kuda Lumping" merupakan salah satu kesenian yang melibatkan tarian, musik, dan simbolisme yang mendalam. "Leak", kesenian yang berasal dari Bali, Indonesia, menggambarkan perpaduan antara mistisisme dan seni pertunjukan. Tarian ini diilhami oleh tokoh mitologi yang dikenal sebagai "leak" atau "leyak", yang dianggap sebagai makhluk halus dengan kemampuan mengubah bentuk.

Sementara, "Kuda Lumping" adalah kesenian tradisional Jawa yang juga menyatu dengan kepercayaan mistis. Tarian ini melibatkan penari yang mengenakan kostum mirip kuda, yang melambangkan kekuatan dan semangat binatang tersebut. Kesenian ini sering diiringi oleh musik gamelan yang energetik. Di tengah kesenangan dan kemeriahan pertunjukan, terdapat ritual spiritual yang diyakini dapat memasuki penari ke dalam kondisi trans atau kerasukan. Hal ini menjadikan "Kuda Lumping" bukan hanya sekadar tarian, tetapi juga pengalaman yang melampaui batas-batas dunia fisik.

Melalui buku ini kita dapat melihat bagaimana seni dapat menghubungkan kita dengan akar budaya, mengajak kita menggali lebih dalam mengenai maknanya, dan membuka jendela minda kita mengenai dunia yang tidak kasat mata. Mari, bersama-sama kita jelajahi dunia yang indah dan penuh makna melalui buku Jejak Tradisi Leak dan Kuda Lumping (Sebuah Tinjauan Eksplorasi Budaya di Riau).

 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)